BAB I

 

PENDAHULUAN

 

  1. A.     Latar Belakang

 

Hardware adalah perangkat keras komputer, dapat diraba dan dilihat bentuknya. Hardware terdiri dari Input, Output dan Pendukung. Sedangkan Software sendiri terdapat banyak macamnya, ada software OS, Aplikasi, dll. Software sendiri tidak dapat dilihat, tapi sangat dibutuhkan fungsinya untuk mengefektifkan kinerja komputer. Perkembangan teknologi komputer ini berkembang sangat pesat, dengan  developer  yang berbeda pula dalam menyajikan keunikan masin-masing produk. Yang membuat perkembangan ini cukup menarik untuk dibahas,

          Perkembangan software dan hardware sangatlah pesat, hardware yang semakin diminimalisir dan dengan bentuknya semakin ergonomis dan cenderung lebih menghilangkan hardware-hardware lama (mouse yang tidak dibutuhkan pada laptop). Sedangkan software cenderung lebih banyak, dan semakin bermacam-macam serta lebih lengkap featurenya

  1. B.     Batasan Masalah

 

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, perkembangan teknologi pada sistem informasi manajemen pun turut berkembang. Baik perkembangan hardware dan software yang digunakan, basis data dan jaringan telekomunikasi juga tidak ikut tertinggal. Trend perkembangan yang seperti apa yang terjadi. Semuanya pun tidak lepas dari peran manusia sebagai operator yang menjalankan dan mengendalikan mesin.

 

  1. C.     Tujuan

 

  1. Mengetahui trend perkembangan software dan hardware
  2.  Mengetahui penggunaan software-sofrware dalam sistem informasi manajemen
  3.  Mengerti tentang peranan teknologi dalam sistem informasi manajemen
  4.  Dapat membuka wawasan kita tentang teknologi

 

 

 

 

 

 

BAB II

ISI

 

2.1. Trend Perkembangan Software

 

Memasuki tahun 1960-an ketika era komputer dimulai, Software telah menjadi salah satu bagian penting dalam teknologi informasi dan digunakan di semua disiplin ilmu teknologi informasi.

 

Berbeda dengan hardware, software tidak mengacu pada bentuk fisik yang memiliki spesifikasi seperti ukuran, berat, bahan dan lain-lain. Hardware kom­puter salah satu manfaatnya dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data. Seperti hardisk mampu menggantikan fungsi lemari arsip sehingga lebih efisien dalam tempat karena tidak butuh space yang luas dan biaya yang lebih murah.

 

Selama dekade tahun 1980-an, kemajuan yang pesat dari mikro elektronik menghasilkan kemampuan komputer yang lebih baik pada tingkat biaya yang lebih rendah. Namun masalah sekarang berbeda, tantangan utama adalah mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer (Solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software

 

Software mengalami perkembangan yang pesat dan usang setelah periode tertentu, Software memerlukan review secara berkala untuk mengetahui perubahan yang dinamis  terhadap kebutuhan pasar. Sejak pertama kali software diperkenalkan sekitar tahun 60-an telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan total berbeda disemua spesifikasi seperti struktur program, arsitektur dan Line Of Code (LoC). Kini lebih pendek, mudah dan tampilan grafis yang menarik sehingga lebih efisien dibandingkan dengan versi lamanya. Berikut disajian evolusi perkembangan software:

 

 

Era pertama lebih mengacu pada Batch Orientation, pada suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.

 

Karakteristik kedua adalah Limited distribution, yaitu suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu. Custom software adalah karakteriktik yang ketiga dari era yang pertama dimana software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.

 

Beberapa karakteristik era kedua adalah Multi user, suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama. Real Time, suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second. Database, Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System). Product Software, adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

 

 

Sekitar tahun 70-an akhir sampai dengan awal tahun 90-an muncul era ketiga yang ditandai  Distributed System, yaitu suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada Host computer, daerah atau bidang lain­nya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System. Embedded Intelligence, yaitu suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutak­hir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah. Low Cost Hardware harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer. Consumer Impact Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, soft­ware ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.

 

Era keempat ditandai dengan Expert system, yaitu suatu penerapan A.I. (Artificial Intelligence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll. AI Machine dimana suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur. Dan ciri era keempat yang lain adalah Parallel Architecture, arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.

 

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan software juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan munculnya generasi bahasa pemrograman. Generasi pertama adalah Bahasa Mesin karena komputer pada masa itu masih digunakan oleh kalangan tertentu sehingga bahasa mesin hanya dapat dipahami oleh orang tertentu yang mengerti mesin tersebut. Berikutnya muncul bahasa generasi yang kedua bahasa Assembler. Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang tergolong dalam Bahasa Pemrogaman Tingkat Rendah (Low Level Language) dan hanya setingkat diatas bahasa mesin (Machine Language).

 

Genrasi yang ketiga muncul bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa ini sudah lebih komuniatif dan mendekati bahasa komunikasi manusia misalnya manampilan kalimat dalam Pascal write/writeln, dalam Basic print dalam bahasa C dengan perintah cout. Bahasa generasi ketiga ini berbasis textmode karena pada saat itu sistem operasi yang berkembang adalah DOS. Seiring berkembangnya sistem operasi, windows yang berbasis GUI (Graphical User Interface) generasi bahasa pemrograman pun berkembang menjadi generasi yang ke-empat yaitu bahasa Pemrograman Visual yang menekankan pada pemakaian ulang objek dan tampilan yang berbasis grafis. Sehingga membuat program menjadi lebih mudah karena berorientasi pada objek, lebih menarik karena menekankan pada visual/grafis. Generasi yang kelima ada Artificial Intelligence (AI) yang merupakan suatu program komputer cerdas yang menggunakan knowledge (pengetahuan) dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan suatu masalah.

 

Salah satu cabang Artificial Intelligence adalah sistem pakar, yaitu sistem komputer yang menyamai (emulates) kemampuan pengambilan keputusan dari seorang pakar. Istilah emulates berarti bahwa sistem pakar diharapkan dapat bekerja dalam semua hal seperti seorang pakar. Seorang pakar adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, yaitu pakar yang mempunyai knowledge atau kemampuan khusus yang orang lain tidak mengetahui atau mampu dalam bidang yang dimilikinya. Beberapa keuntungan system pakar adalah menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar, menyimpan ddata untuk jangka waktu yang panjang dalam suatu bentuk tertentu dan mampu mengerjakan perhitungan secara cepat dan tepat tanpa jemu mencari kembali data yang tersimpan dengan kecepatan tinggi.

 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tren perkembangan software terkini adalah kearah pemanfaatan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), yang menjadikan pengetahuan lebih mudah didapat sehingga mampu meningkatkan output dan produktivitas. Memiliki kemampuan dan keahlian seperti pakar, sehingga software dapat menjadi panduan yang intelligence (cerdas). Memberikan kemudahan dalam pengoperasian dan menghasilkan output yang menarik.

 

2.2              Trend Perkembangan Hardware

 

Computare (bhs Latin) = menghitung (to compute). Secara lexicography, Komputer adalah si penghitung atau subyek yg melakukan suatu komputasi, dlm hal ini dpt diartikan si orangnya (Someone who computes) ataupun perangkat pengolah komputasi itu sendiri (a computing machine).

Komputer adlh suatu perangkat ataupun sistem elektronik yg mengolah atau memproses data atau informasi sebagaimana yg diperintahkan. Jadi komputer mrpkan perwujudan sistem elektronik thd sistem pengolahan informasi yg sebelumnya telah dilakukan scr manual.
Komputer terdiri atas: hardware, software, procedures, brainware, content yang tersaji dalam tatap muka dengan computer interface.

Perkembangan Generasi Komputer:
• Generasi I (1946 – 1957)
• Generasi II (1957 – 1965)
• Generasi III (1965 – 1972)
• Generasi IV (1972 – 1985)
• Generasi V (1985 + )
Penyebab Bobolnya Keamanan Sistem Informasi:

1. Human error
2. Environmental hazard
3. Computer system failures

 

 

 

 

 

 

Strategi Pertahanan Keamanan Sistem Informasi:
1. Control for prevention and deterrence;
2. Detection;
3. Limitation;
4. Recovery;
5. Correction
Tiga Cara Akses Masuk ke dlm Sistem Komputer:
1. Masuk dari dlm scr fisik (Physical acces to terminal);
2. Masuk dari luar jaringan ke dalam sistem, yg mencakup:
a. access to the system;
b. access to specific, transactions, previleges, programs, dan data didalam sistem.

2.2.1 Input Hardware

Input dalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Beberapa penjabaran lebih lanjut mengenai input device antara lain seperti yang terdapat di bawah ini :

 

  1. a.      Keyboard

Computer keyboard bisa juga disebut papan tombol, adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna komputer.

 

  1. b.      Wireless Keyboard

Wireless computer keyboard sangat popular, karena kemudahan penggunaannya. Wireless keyboard memiliki kelemahan, yaitu bekerjanya harus menggunakan batteries dan memiliki kemungkinan menghadapi masalah tentang bocornya data yang bersifat rahasia.

 

 

 

 

 

  1. c.      Pointing devices

Pengertian:
• Komponen perangkat keras dalam komputer
• Komunikasi antara manusia dan komputer
• Mengijinkan manusia untuk memasukkan data ke dalam komputer
Jenis Jenis Pointing Devices: Mouse, trackball,joystick,trackpad, lightpen, tablet pad ,dll.

 

 

  1. d.      Scanner

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

2.2.2  Output Hardware

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy device , yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1  Simpulan

            Perkembangan software dan hardware berjalan dengan sangat progresif dan dinamis, selalu menemukan sesuatu yang baru dan merangkum fungsi beberapa hardware ke dalam satu komponen yang terintegrasi dan menjadi lebih mudah penggunaanya. Begitupun software yang semakin berkembang dan melahirkan software yang dapat ditemui dengan jumlah produk yang bermacam-macam dan massive dalam pemasarannya, saling menutupi kekurangan software sebelum upgrade . banyaknya developer  yang tidak hanya membuat hardware saja, namun telah meng-injeksi kan perangkat CPU dengan software andalan mereka.

3.2 Saran

            Banyaknya produk software dan hardware yang direfurbished menuntut kita untuk mampu memilih software dan hardware secara selektif, dikarenakan tidak semua software yang beredar tersebut benar-benar software, namun hanyalah upaya/ wahana seorang  hacker  untuk mengahncurkan data penting dalam computer kita (malware/virus). Alangkah baiknya, semua produk yang ada diperoleh dengan cara yang wajar, yaitu mengetahui siapa developernya, agar tidak terjadi leaked information.

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi :

 

  1. Software Engineering Principles and Practice, Waman S Jawadekar, Tata McGraw-Hill 2004
  2. Muhammad Arhami, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005
  3. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek, Bambang Hariyanto Ir, MT, Penerbit Informatika Bandung, 2004
  4. Internet