Oke, abis lari gue ga bisa tidur. Sekarang gue mau introspeksi buat “kabar indonesia”

Tadi gue liat kasus sumiati, yg bibirnya dipotong perihal doi TKW di arab, nah bahkan pelanggaran HAM seperti ini aja kudu ditanggepin sama RI-1. Jujur, gue kurang setuju, kenapa harus RI-1 yg nanggung? Bukan kelasnya lagi woooy! Jangan salahin SBY cuma bisa janji doang! Salahin semua orang, karena beliau ga salah murni!

Kita tarik aja deh, menkopolhukam diambil dr perwira² berbasis militer, menurut gue, yg ngurus masalah TKW ini, emang dibawah depnakertrans, tp yg ngurusin masalah ky gini, sampe harus dibikin team, kalo bisa knp ga asisten presiden aja yg ngusulin, supaya team khusus dibentuk, tapi di bawah departemen hukum dan ham, naaaah dengan begini, Presiden biar fokus ke masalah yg bersifat MAKRO. Kita ambil aja, presiden harusnya udah hrs fokus ke G20, bkn ngurusin TKW pas SD kan pernah nh diajarin “berani berbuat,berani bertanggung jawab” okelah, gue aliran keras. Tapi harusnya tuh TKW² tau, kl kerja di luar jg hrs nyedian kemungkinan terburuk dong? Nah, oke setau gue, devisa negara didapet dr Pajak ROKOK sama mereka TKW/TKI (yg katanya sih kalo gugur jd pahlawan devisa) lo liatin aja deh, apa harus urusan 1 TKW –» ngelambatin alur kerja, yg susah² dibuat sm staff ahli presiden? Ridiculous! Ga tau kenapa gue emosi banget ini asli! Liat kasus SUAP!! Liat kasus KELAPARAN!! Liat kasus PENDIDIKAN!! ITU YG HARUSNYA DIPIKIRIN!! Bukan masalah TKW aja, udah langsung nuntut SBY buat mundur, mahasiswa² terkadang gue pikir ekspresif goblok. Ga ngerti cara nyampein pendapat, ga ngerti prosedurnya, percuma kuliah kalo kaya gitu, mendingan jadi orang yg jualan karburator bekas aja.

Gue msh ga abis pikir, mbok itu menteri²nya ada yg berusaha meringankan beban SBY, jangan cm beralibi studi banding yg taunya malah jalan², #MIRIS.

Oke, skrg solusi dr gue, menurut perspektif gue:
1. Perlu dibentuk team khusus, yg bnr² kredibilitas + profesionalitasnya diakui buat ngorganisir para TKI yg mau dikirim keluar.
2. Kalo BEA CUKAI punya detasemen sendiri, tolong buat detasemen, yg khusus ngeburu calo² gelap pengiriman TKI
3. Ajudan presiden, harus diajarin berpikir aktif, bukan cm nggih – nggih doang kl disuruh ngasih tau ini
4. Sebelum TKI diberangkatkan, dikasi pelatihan, prosedur dlm jangka waktu yg ideal, dan persiapan kemungkinan terburuk (pihak militer harus turut serta)
5. Buat para MAHASISWA jangan cumanya bisa demo masalah “pemimpin cuma janji² doang” coba lo pikir sejenak kalo misalkan lo yg jadi SBY, apa bakal bisa lo manage masalah sekian banyak? Dan gue yakin.. Kalo demo² gitu biasanya ada ANJ*NG yg ga tau apa² yg cuma ngedemo karena dibayar!!
6. Dukung pemimpin yg udah lo pilih! Inget, di Al-Qur’an pernah diajarin, kalo memilih pemimpin, harus bisa dipertanggungjawabkan dunia-akhirat (gue inget kata² bang Avicenna waktu di masjid pangsar sudirman), jangan kaya kambing goblok (justru kambing lebih pinter) yg milih SBY, terus ngejatuhin sendiri pemimpinnya. Mau jadi Yahudi lo?
7. Tolong masyarakat bawah, jgn cuma pasif mengamati dan misuh² doang dibelakang, coba dong tulis dlm bentuk surat, biar bisa dipublish rame² itu kan bisa dibilang aktif
8. Kesadaran diri.. Ya, gue jg msh blm bisa kontrol diri, but trust me, ini penting🙂 sama² berlatih, menuju kepribadian yg lebih baik🙂

posted with full-consciousness