Apa yg lo punya sekarang? nothing. apa udah tercapai semua yg lo inginkan? belum. apa udah cukup bikin orang tua senyum? Terutama ayah lo? belom. apa udah bisa dibanggain lo sama bokap lo? belom. apa lo inget Dia selalu? Ga putus²? Apa ibadah lo cukup? Apa dengan kondisi lo yg sekarang lo bangga? Apa lo pantes hidup? Apa lo bisa nunjukin semua yg lo omongin? Apa lo bisa jadi seperti dia? semuanya cuma bisa gue jawab dengan tidak & belom. Gue ga tau knp jg gue tulis blog ini, terkadang gue udah berasa nyaman di zona “nyaman” gue sendiri, ya. Memang begini adanya, gue harus bikin gebrakan.. Tp knp harus ada distraksi? Semuanya pasti berat..
masih inget apa yg bokapnya dessy bilang, masih inget apa yg om Dato bilang, masih inget kata² om Adnan. Pertanyaannya :
APA LO CUKUP SIAP BUAT TAHUN DEPAN? APA UDAH DIPASTIKAN LO MASIH HIDUP DAN BERTEMU DESEMBER cuma kalimat negatif yg bisa menjawabnya.
Jadi, gue nulis ini soalnya, gue br ngeliat anak remaja yg meninggal, sosok remaja yg blm dapat mencapai cita²nya, dan bahkan ga nyangka kalo dia ga akan ketemu desember.. Yg di tweetnya Nunggu Desember lama amat cekidot aja, baca semua isinya.. @vinnduuut. Bayangin aja kalo semuanya berakhir tiba², apa yg lo punya?, jadi keinget Rosihan/I’ang temen gue di kampung.. Walaupun gue kenal dia ga terlalu lama, alias baru² gue sering main sama dia, ya mulai dr main bola di lapangan kampung, nginep di rumah gue pas bonyok lg ga ada, bakar ayam rame² bareng²an, sampe ybs meninggal.. Meninggal waktu itu juga, gue ngeliat muka dia dikafanin.. Gue nangis. Inget bener gue nangis.. Itu kali terakhir gue liat dia, dan gue tau bener. Apa itu rasanya kehilangan bener² kerasa..
Inget lagi Luna salah satu junior Pramuka gue.. Ybs juga meninggal. Typhus kalo ga salah.. Dan.. Gue selalu inget senyumnya walaupun gue ga terlalu kenal sm dia..
Si Kiky gue inget betul cewe cantik berambut panjang ini, temen SMP gue, kelasnya di sebelah gue.. Tp, ingatan gue ttg cewe ini nge-blur. Tp bener² cantik deh.. Ybs juga passed away karena meningitis ( radang selaput otak)
Adalagi si Arief Mandala Putra almamater gue di TN, org yg paling jago bahasa Inggrisnya yg gue tau. Dia org yg biasa aja, menjalani hari²nya yg berat dengan ceria. Banyak yg suka ngejelek²in dia, (ga termasuk gue, gue ga terlalu kenal) gue tau dia anak yg masa depannya cerah.. Tp ybs passed away karena kelainan jantung.. Dan apakah yg ngejelek²in dia udh minta maaf? Gue yakin, dia udah memaafkan semua org yg jahat sm dia..
Gue pengen bertekad,tp ga tau kenapa tekad gue kurang bulat.. Gue harus keluar dr zona nyaman ini segera. Ga boleh kaya gini terus, ga boleh. Gue harus bisa mencapai apa yg gue cita²kan, harus. Ada ambisi yg harus bisa gue wujudkan di AL nanti.. Harus ada.. Entahlah, apa jalan gue bener² di AL? Apa jalan gue bener² disitu? Yg bisa jawab, bukan gue.. Tp Dia dan waktu. Cuma mereka yg bisa. Gue cm mau nunjukin the best part of me. Dunia perkuliahan udah cukup sadis narik gue ke masa lalu.. Masa² SMP.. Diantaranya:
1. Buang² duit buat eksperimen makanan + obat²an baru, apa khasiatnya sesuai apa engga
2. Buang² waktu cuma buat main game, sama seperti jaman SMP.
3. Ngomong jadi “onjang – anjing”, walaupun udah ditahan,tp ttp aja keluar dengan sendirinya..
4. Kamar mulai berantakan..
5. Otak udah mulai shut down..

Apa yg mau disalahin? Ga ada..
Gue ga mau muluk², gue harus keluar dr sini. Dr UII dan zona nyaman gue.. Stop foya², buang semua yg ga penting. Harus bisa tunjukin, harus bisa ngebuktiin. Gue berharap banyak, tapi ga mau semuanya cuma harapan aja..
But, I’ll take probabilities as possibilities

Semoga gue sadar ya Allah..

posted with full-consciousness