Okay fix! Gue kudu ke tempat Danang, anak OSN yg nyabet Emas 2 tahun lalu, yg sekarang berdomisili di kedokteran UGM!! Buntu gue sama si e ini!
Jadi, begini dialog gue via BBM.
Gue :
‎​Nang, nanya dong nang
‎​PING!!!
Danang:
‎​What?
Gue :
‎​e² turunan pertamanya apa?
Danang:
‎​0
‎​Kalau e pangkat x baru turunannya e pangkat x
Gue:
‎​Ooh.. ‎​Kalo ‎​e² . e^x hasilnya e^2x bukan?
Danang:
‎​Heh? ‎​Tetep wan
Gue:
Tetep piye nang? ‎​‎​Dikaliin maksudnya
Danang:
‎​Iya tetep e².epangkat x, ‎​Aduh susah njelasin kalau pake BBM
Gue:
Sekali lagi deh nang
Danang:
‎​Pake sifat yg dikali kali itu *lupa namanya*
Gue:
*ga tau apa²* >.<
Danang:
Yes?
Gue:
Kalo X.e^2x diturunin hasilnya e^2x bukan? Daaan turunan e^2x hasilnya 2e^2x bukan?
‎​Sama kalo udah 2e^2x, diturunin lagi jadi 4e^2x bukan nang?
Sorry abis nyusahin nang ga tau harus nanya sp lagi -_-
Danang:
‎​Zzz.. ‎​Gue kasih tau konsepnya aja ya.. ‎​Jadi gini..
‎​Mending lo ke kosan gue deh! ‎​Haha gimana?
Gue:
‎​Hujan + jauh nang ‎,hari kamis deh ya nang
Danang: ‎​
‎​Oh ujan ya.. Oke deh.. Jadi gini
Gue:
Sip *nyimak*
Danang:
‎​Pertama. f(x).g(x) kalau diturunin kan jadi f'(x).g(x) + g'(x).f(x)
‎​Jadi kalau soalnya x.e^2x , misal f(x)= x dan g(x) = e^ex
‎​Jadi turunannya ya 1.e^2x + 2x.e^2x
= (2x+1).e^2x
‎​Ngerti ga?😐
Gue:
Ngerti nang..

Yak, itu sekelumit pembicaraan antara si jenius (danang) dan si bloon (gue). Si bloon yg mati²an menutupi kekurangan. Ya, gue ga akan nyontek. Lebih baik nilai jelek drpd gue makan tai otaknya orang dengan menyontek. Ayo begadang. Ganbatte kudasai!

posted with full-consciousness