Ini dialog gue sama sohib gue dr SMP, 1 regu pas pramuka, Regu Singa. Hehehe. Yg sama² mengejar impian dengan kemampuan masing² tanpa mengharapkan kemudahan dr orang lain.

A = Ardion.
R = Gue.

A : Cewe bandung manteb2 bro. Wkwkw. Lu dimana?

R : Surabaya bos

A : Wah cewe surabaya kayak apa y?? Wkwk

R : Jelek cing, jable

A : Yg boneng?? Kaga ada yg bener apa?

R : Iye, gue digodain cewe pas lagi lari sore²

A : Trus? Tancep aja bleh kalo bener mah

R : Najis, ogah gua.. Panik lah gue, diikutin naik motor, ada 2 motor 3 cewe pokonya..

A : Kan gw bilang kalo bener

R : Ujung²nya minta nmr hape, gue boongin.

A : Wah kalo gw, gw kejar. Kalo g bener tnggl ditendang. Hahaha

R : Besok²nya gue ga berani lari sendiri gua yon.
Langsung gua lari minta temenin tante gua hahaha aman!!

A : Ah payah lau. Gw lari sambil nyari ale2. Eh lu tau sndri cbng jarang ale2:'( Haha

R : Gua kan kalo lari macho yon. Celana pendek, tanktop headsetan

A : Brarti lu jable nya doang?haha. Headsetan kyk gmn?

R : Gue pake hedset yon hahaha

A : Oh gw kira

R : Bahaha

A : Aturan bsk lg kalo lari ketemu cewe dianalisa dulu bro. Bener g. Kalo ndak bener tendang aja. Hehehe

R : Belum saatnya pikiran gue diracuni cewe yon. Haram hukumnya sebelum gue punya sesuatu yg bisa dibanggakan B-)

A : Hehehe. Mantab. Tp besok le kalo MI pasti lu ditanyain bgtu. Udah pnya pacar blm. Kalo blm malah di interogasi. Hehe

R : Yang penting kan lo punya keyakinan atas keputusan lo dan didasari alasan yg kuat..

A : Kmrn aja gw jawab g pnya cewe pak. Eh dibilang bhng. Eh dibilang bhng.

R : Ya, itu sekarang diserahkan kepada jiwa lo yon, seberapa teguh tekad yg lo pegang, didasari alasan yg kuat. Dan selalu ada alasan yg tepat kan? Kita kan ga butuh orang tersebut percaya
apa engga, yg jelas kita memberitahu seadanya dan keadaan sebenarnya. Masalah dia percaya apa engga dianya, itu urusan dianya yon. Toh kita ga terbebani kan? Malah plong dengan berkata jujur.

A : Pas gw kasih alasan blm saat nya mikirin
pacaran pak mending saya pikirkan masa depan saya. Eh dibilang itu cuma teori dul. Malah gw dsuruh cari cewe. Hbs tu dikasih wejangan ttg pacaran. HaduhX_X. Y iya. Maka nya gw bengong wae kmrn disuruh cari cewe. Padahal mah dalem kamus gw sebelum jadi ORANG atau PRATAR haram hukum nya dpet pacar. Ntr kalo pnya pacar duluan masa kalo jalan2 minta duit nykp gw mulu?? Cape deh malu bgt ane.

R : Masalh dapat pacar /tidaknya, saya bisa mengusahakannya pak. Saya ga punya pacar karena saya belum mencari yg tepat. Berhubung saya belum bisa dipastikan dapat menjadi taruna dan menjadi yg paling baik dr yg terbaik seluruh Indonesia, saya rasa itu belum penting untuk saya pak. Sekarang tujuan saya, bgmn caranya saya bisa jadi taruna pak

A : Betul. Gw mah mending diem aja bro. Yg pntng kita pegang teguh aja pendirian kita. Ingat sumpah prajurit. 8wajib abri.

R : Ahaha gue malah ga tau itu apaan sumpah prajurit haha.

A : Dasa dharma. Trisatya. Janji siswa. Itu yg harus kita pegang teguh?? Loh kok ada janji siswa??

R : Yg penting lo ngomongnya tenang, yakin, tegas. Masalah dibilang “kesannya arogan” ingat aja, tujuannya kan MI –» mental Ideologi. Bukan psikotes. Bukan psikotes. Ideologi = landasan pemikiran/pedoman. Nah, dlm kasus itu, Ideologi lo adalah ga mau punya cewe. Tp wejangan buat nyari cewe itu sama halnya dengan ideologi lo diganggu sama ideologi yg bertentangan. Dalam konteks ini, pancasila diganggu PKI.

A : Haha yg pntng PUNP. Ngerti g PUNP??

R : Dikasih visi misi semu yg berkaitan sama nasakom, kl ideologi kita terganggu.. Berarti mental kita blm kuat. PUNP?

A : Haha PKI=kancut rombeng. Gw bakar. 1001% gw tentang. NII gw tentang. Pokok MI tuh jawab nya berdasarkan PUNP= pancasila,uud,negara, pemerintah selama tidak keluar dari kaidah itu kita dinyatakan MS= memenuhi syarat..kunci MI jgn sampe kita menerima satu nilai TMS= tk memenuhi syarat. Bahaya bgt wan kalo sampe TMS. Nti ada pertnyaan bgni. Kalo lu lgi sakit trs tiba2 ada tmen lu dri agama lain donor organ/darah lu nerimo g?

BBM ane hang*

R : Kirim ulang dr PUNP ya, hang BBM gue. Terima lah. Saya berdosa kalo menolak niat baik orang lain, toh ini juga demi kebaikan diri saya dan melanjutkan hidup.

A : Atas dasar?? Ehm..kalo ada pertanyaan misal ddket rmh kamu ada pmbangunan gereja,pura atau vihara apa yg kamu perbuat?

R : Saya sebisa mungkin turut pasrtisipasi pak, karena kerukunan umat beragama penting. Sila kedua pak, kemanusiaan yg adil dan beradab

A : Apa pendapatmu ttg peraturan syriat islam d aceh??

R : Itu gpp pak, disana daerah otoritas yg menyandang otonomi penuh. Disana masyarakat secara umum menerima aturan syariat dan bukan merupakan paksaan pak. Disitu berarti kebebasan individu dihargai pak.

A : Apa pendaptmu ttg daerah lain yg ingin mmbuat praturan sprti daerah aceh brdsrkn agama? Apa pendaptmu jika masyarakat papua mengajarkan agama kristen dtiap2 sekolah dasar disana??

R : Selama masyarakat sana tidak keberatan, di papua menjadi daerah full kristen, selama menghargai kebebasan umat lain untuk beribadah, seperti pasal 29 itu tdk masalah pak. Kebebasan memeluk agama berarti bisa menjamin kebebasan seseorang untuk beribadah sesuai agamanya tanpa tekanan. Itu semua bergantung sama masyarakat daerah tersebut pak, selama masih menghargai hak² agama lain dan sesuai koridor pasal 29, dr nilai ideal sama nilai praksisnya

A : Jawaban lu di inget2 y. Soalnya jawaban lu bakal dibawa trs selama lu dinas aktif.
Oh y ada satu prtnyaan lagi apa pndptmu ttg terorisme?? Apa pndptmu ttg jihad?? Apa pndptmu ttg ulama muslim yg mnytakan bahwa hukum mati bagi seorg teroris tdk pantas untuk mrka?

R : Terorisme, itu pemahaman jihad yg sempit. Yg ga punya pengetahuan yg cukup luas dan cenderung menerima semuanya dengan “all instan” tanpa menimbang langsung dampak kedepannya. Intinya, terima kunyahan orang dan tinggal telen. Hukum mati berlaku pada seseorang yg mengancam negara secara keseluruhan, selama itu sangat berbahaya, hukum mati hrs dilaksanakan, sesuai dengan buku undang². Dan sesuai kaidah yg berlaku kan? Ditambah lagi, mengenai hukum ga kenal siapa dia dan darimana dia (aspek rule of law) equality before the law (kesamaan didepan hukum) dan itu merupakan hukum yg ideal. Kecuali ada pembaharuan,diserahkan ke hakim ad hoc.

A : Bagus2. Kalo pancasila diubah boleh g? Kalo UUD boleh g diubah?

R : Kirim lagi setelah adhoc BBM error *gubrak* Pancasila, mutlak ga bisa diubah. Pancasila, tuh punya nilai fleksible dan menyesuaikan dengan zaman. Karena pancasila ideologi terbuka. UUD juga ga bisa diubah, karena itu satu rangkaian sm pancasila. Landasan konstitusional. (Asli UUD gue ga yakin)

A : Pancasila tdk bisa diubah tp keadaan zaman yg harus mengikuti pancasila.

R : Bukan harus mengikuti pancasila bos. Tapi pencasila selalu bisa mengikuti perkembangan zaman.

A : Harus mengikuti pancasila karena pancasila bersifat fleksibel merupakan ideolig terbuka. Prkembangan zaman di negara kita pasti selalu mengacu k pancasila.

R : Nilainya selalu ideal bos. Nilai luhur pancasila, selalu ideal kapanpun. That’s why.. Dibilang Kesaktian Pancasila. Dgn ada nya amandemen tiap pasal2nya.

A : Kalo UUD tdk bisa diubah terutama pembukaan. Ttp UUD bisa disempurnakan.

R : UUD disempurnakan asli belum tau yon.. Yg gue tau yg bisa diubah tuh UU. Bukan UUD. UU bisa diamandemen, tp bukan UUD.

A : Lah UUD bisa diamandemen. Itu sampe 4kali apa? Kalo pembukaan UUD g boleh diubah.

R : Ah bener ya yg konstitusi RIS, sama UUD 1959. Kalo diubah, diubah keseluruhan. Namanya jg berubah. Kan itu satu set bos.

A : Bukan bro. Amandemen. Yg dr thun 1998,1999,2000 sama 2001

R : Amandemen? Gue kurang baca kayanya yon.

A : Baca lagi bro inget2. Itu nanti ditanyain. Inget yg disempurnakan pasal2 nya

R : Pasal brp aja yon?

A : Bnyk bro. Baca buku undang2. Drmh gw ada tuh dari UUD 45 sampe amandemen ke 4. Y paling ditnya itu aja engga sepasal2 nya.

R : Siap, di RPUL ada ga?

A : G tau deh bro. Emng RPUL msh ada apa?? Gw cari d grmed udh g ada. Ada nya komik naruto

R : Ada, punya adek gue

A : Cari dah. Atau g beli aja buku UUD

R : Sip, eh gue restart BB dulu.. Caur BBM gue

A : Sip

*end*

Thanks dude, semoga tercapai cita² kita.. Lo di Darat, gue di Laut..