Ane balik lagi akhirnya *uhuk uhuk* wah, udah lama juga ya blog ini ga ane tulas-tulis.. *sambil ngebersihin sarang laba²* okelah, malam ini ane putuskan untuk melanjutkan novel yg ane baca, Swordless Samurai. Ditengah²

    serangan malam

makanya ane ga bisa tidur, emang sial bener.. Kenapa ane harus nunda beli obat?!
Oh iya, ane udah lepas behel, asli rasanya nyaman ga pake behel B-)

1. Pemimpin yg baik mengetahui hubungan timbal balik dan fokuskan pada tindakan memberi.
Jadi, pemimpin disini nih dalam konteks engga banyak minta, tapi give more, expect less dengan gini kan pasti pengikut bakal ngerasa, kita tipe pemimpin yg punya visi jelas dan ga cenderung mau mengeruk keuntungan semata, right? Inget yg SBY minta gaji presiden dinaikkan, ironis..

2. Diplomasi harus dilakukan sebelum dan setelah kemenangan.
Kalo kata Hideyoshi, jangan menggunakan katana untuk memotong kepala musuh, tapi gunakanlah kepala untuk memotong katana musuh jreng! Mantep kan? Jadi disini, supaya kita bisa menghindari perbuatan yg sia². Itu kunci utamanya dari poin kedua ini bos

3. Keraslah pd dirimu sendiri, tp berlaku lembutlah pd yg lain. Pengampunan akan menciptakan kesetiaan.
Nah, disini jadi kita ga usah sok² menunjukkan kerja keras kita pada orang lain dengan membusungkan dada, terus memarahi orang karena kinerjanya ga kaya kita, itu salah besar. Yg ada malah dikira sok²an sama anak buah ntar. Trus pengampunan, ya jelas orang bakal setia karena nganggep kita orang yg sabar dan pengertian serta tolerir dlm tiap permasalahan.

4. Perdalam kemampuanmu sbg seorang pemimpin dengan mengamati rahasia utk mempertahankan hubungan. Jadilah yg pertama memaafkan.
Ini ane rasa udah cukup gamblang.

5. Untuk mendapat kepercayaan, berilah kepercayaan.
Kalo ini asli beresiko, dan banyak doa aja.. Rata² jaman kaya gini nih kepercayaan adalah sesuatu yg langka boy.. Rata² berkhianat, tp cara ini langkah dewanya hideyoshi..

6. Hargailah komitmenmu.
Kalo bukan ente, sapa lagi?

7. Pemimpin yg cerdas hanya bertarung setelah syarat kemenangan telah dipenuhi
Kalo ini, butuh kemampuan analisa yg dalam dan menyeluruh. Bisa dilatih, dimulai dari latihan berpikir kritis.

8. Perlakukan pengikutmu sebagai keluarga.
Ga usah menarik garis lurus keinferioritasan pengikut, tapi bawalah mereka selayaknya mereka adalah keluarga. Jadi dicintai dan mencintai antar pemimpin & pengikut.

9. Kesetiaan bisa didapat, tp tdk akan pernah bisa dibeli.
Ini dia, karena sebagian orang menganggap harga diri jauh lebih penting drpd uang. Gue banget.

10. Mengenai kejernihan berpikir, hati-hatilah dengan gengsi.
Toleransi ane 0 besar buat mereka yg gengsi, ane benci sama mereka, dengan adanya gengsi, mereka pasti ga mau menerima masukan orang lain, pengennya keputusannya yg dipake.

11. Carilah kesempatan untuk memuji
Memuji ga menurunkan harga diri kok, yg ada malah menaikkan..

12. Pemimpin yg baik tdk mendemonstrasikan kehebatan diri sendiri , tp menunjukkan kepada pengikutnya bahwa mereka bisa menjadi hebat
Ini sangat ane garis besarin! Karena kesalahan ini yg sering ane perbuat!! Arrrrgh!!

13. Pemimpin yg berhasil memercayai sahabat lama dan menarik keuntungan dr nasihat mereka. Mereka mengerti rahasia memercayai. Jadikan teman² baik sebagai penasihat.

Nah, sahabat lama yg bener² sahabat, adalah mereka yg masih keep in touch walaupun udah sekian tahun kalian berpisah..

14. Carilah saran dari orang yg berani tidak sependapat denganmu
Dengan gini, ada oposisi yg berani menyangkal.. Berarti emang mereka punya keberanian yg bagus.

15. Rangkul orang yg kemampuannya melebihimu.
Bener banget nih.. Ane cenderung arogan, yg bikin ane ga mau dikalahin sama org yg lebih dr ane, karena.. Ane punya mind set, kalo mengalah hanya punya orang bodoh.. Tapi hal itulah yg ngebuat ane keliatan bodoh.. *sigh*

16. Rahasia Sumber Daya Manusia : mEncari bukan meminta, menugaskan bukan melatih
Ini pola didik yg BAKAL ANE TERAPKAN BUAT ANAK ANE.

17. Kau ingin organisasimu maju pesat? Maka tetapkanlah rahasia melipatgandakan diri. Pekerjakan pemimpin, bukan sekadar pengikut. ini, bagus. Banget. Tp butuh kharisma, wibawa dan prestasi yg besar buat ngegaet pemimpin. Ane harus lebih hati² dlm menjalani hidup

18. Ingin mencapai puncak kepemimpinan? Ingat Rahasia Lingkaran Dalam : Bentuk tim kreatif
Karena inovasi dari pengikut, sesuatu yg inspiratif buat haluan perkembangan suatu organisasi.

Sekian, terimakasih. *dilemparin bunga + vasnya + garpu + sendok + gelas*