Kenapa ane nulis gitu judulnya? Soalnya, ane baru aja abis baca dari @terselubung. Coba deh, sejenak kita pikirkan, kapan masa² keemasan Indonesia tercapai? Jawabannya cuma 1 dan bulat. Ya, cuma pas zamannya Soeharto jd presiden. Kita ga bs mungkiri lagi, era Soeharto Indonesia masuk daftar negara yg pertumbuhan ekonominya paling spektakuler. Tp, walaupun dia punya sisi yg negatif, kaya sensor media yg sifatnya mengecam kebijakan (ikonnya dengan munculnya menteri penerangan) kan banyak tuh berita yg provokatif dibredel sama agen² penerangan. Dengan dibentuknya Kopkamtib sama Bakin, terlahirlah rancangan pemerintahan, yg biasa kita sebut dengan orde baru. Warisan buruk yg diwariskan oleh pemerintahan orde lama (seperti kemelaratan dan kemiskinan) bisa diatasi Soeharto dgn baik. Gmn engga, dia emg pinter bikin koneksi sana-sini, mendekatkan diri dgn negara² barat, mutusin hubungan antara Indonesia sama China (inget dulu Soekarno pernah bikin poros peking-jakarta ga?) Akhirnya dideliberasi semua orang² keturunan tiongkok/cina diusir. Pembersihan komunis di segi pemerintahan, semua pendudukan MPR dibersihkan abis²an. KKN tumbuh subur bak pretty asmara. Ya, itu hanya segi negatifnya aja. Bahkan, presiden amerika bilang “he’s one of us” dengan gerakan frontalnya menutup hubungan yg sempet laris antara indonesia-RRC. Terus, pemerintahannya yg langgeng selama 32 taun, dengan kebijakan penculikan, penekanan terhadap semua yg kontra sama kebijakan pemerintah pusat.. Indonesia MAJU! Kebebasan yg dibatasi membuat Indonesia BAGUS!! Why? Karena penduduk Indonesia ini mentalnya mental terjajah. Mau enaknya sendiri (karena org yg terjajah tu, menyerahkan segala sesuatunya sm penjajah). Coba liat deh, masih jaman nyontek²an? Secara ga langsung, psikologis si pencontek terjajah sm yg dicontekin. Menyedihkan, tapi liat sekarang, kebebasan yg diberikan disalahgunakan. Muncul partai² baru yg menggunakan alasan agama untuk melariskan terror dimana² sebut saja mawar *eh? Ya, sebut saja NII. Kebebasan yg berlebihan, menyebabkan adanya pengrusakan fasilitas negara yg harusnya terjaga dengan rapi. Liat telfon umum yg pake koin di halte semanggi? Menyedihkan. Banyak bangunan yg ga keurus, banyak yg bangkrut. Kenapa? Karena indonesia, semuanya punya mental terjajah. Ayo bangkit, buktikan kalo kita bukan bangsa dengan mental terjajah. Tp dengan mental terlatih! Ane selalu inget kata² “kekuatan tumbuh dari kesadaran”. Makanya, pemerintahan yg kejam melestarikan bangsa terbukti kan? Ane dipihak netral, ane cuma mengungkapkan unek² ane aja.. Karena pas masa orba itu, ane merasa hidup ane tuh kaya di surga, untung ane masih merasakan zaman itu walaupun cm sebentar.

Siapapun yg baca ini, jawab pertanyaan simpel ini dalam hati
1. Masihkah anda menyontek?
2. Sebodoh itukah otak kalian ga bisa ngerjain dan nyontek?

Jawab dan resapi.