Varikokel, penyakit lama gue.. Ya Allah, saya udah urut bolak-balik ke Bu Milah, ya Allah, saya sudah stop olahraga berat, ya Allah, saya udah coba kompres pakai Es, sekarang semuanya kuserahkan kembali padamu..

Apa itu varikokel?
Adalah pelebaran pembuluh vena pada testis, di dalam skrotum yg menyebabkan seperti bentuk kantong cacing, ada yg terlihat dr permukaan, dan ada yg tidak. Tergantung gradenya.

penyebabnya apa sih?
Olahraga yg terlalu dipaksakan, dan yg membuat rongga perut bagian bawah berkontraksi, dan juga kelalaian tidak menggunakan supporter saat berolahraga

gimana penyembuhannya?
Dioperasi kecil, diikat. Dan biayanya sekitar 5 jutaan dengan jeda penyembuhan 3 bulan.

cara menyiasatinya?
Berharap keajaiban, suhu dingin dan skrotum mengkerut.

Ya Allah, hamba mohoooon ya Allah!! Loloskanlah varikokel ini dan tidak teraba oleh panitia ya Allah!! Hamba butuh keajaibanmu, hamba MAU menjadi karbol AAU!! Janganlah hamba distop disini ya Allah, hamba sdh tdk punya backup plan lagi ya Allah..😦

Rabbi yaasir walaa tu aasir.