terkadang, manusia bisa yakin. tapi yang menentukan kelak ya campur tangan tuhan. Tahun 2012 ini merupakan turning poingw. karena bukannya makin membaik tapi malah makin memburuk. ya memang, kalo orang banyak yang nanya kenapa gw nulis blog ini, kalo kalian perhatikan semenjak postingan pertama, isi dari blog gw murni menceritakan semua kegagalan gw. bukan keberhasilan. kenapa gw bisa bilang gini? karena kebanyakan orang menggembar-gemborkan keberhasilannya, tapi cuma keberhasilan sesaat. nah, gw sekarang memandang dari segi yang berbeda, gw menggembar-gemborkan kegagalan gw. tetapi, kegagalan gw ga membuat gw malu, justru gw memandang kegagalan gw sebagai sesuatu yang benar-benar tepat dijadikan pelajaran. terus terang, gw yakin betul taun ini bisa masuk Akp*l. kalo aja engga dicurangin. ya memang gw yakin, gw udah mempersiapkan semuanya dari A-Z. tapi ya begitu, cukup tau.

begitu juga dengan sobat gw. gw sih yakinnya dia aman-aman aja sampe pusat dan taun ini jadi masuk akm*l. ternyata ya memang begitu, manusia cuma bisa yakin tetapi Tuhan juga yang main. namanya apes, siapa yang bisa tau? ya intinya, kalo lo berjuang ga usah sok yakin, ga usah sok siap. semuanya kaya cermin, itu semua diliat orang ngga guna mau lo persiapan sehebat apapun.

Mau usaha lo sekeras apapun, orang ga bakal liat itu. orang lain cuma menilai lo BERHASIL atau lo GAGAL. kalo lo BERHASIL ya DIHARGAI. lo GAGAL ya DILECEHKAN.

itu aturan dasar hidup. memang sih semua orang orientasinya hasil. well, siapa yang engga? gw yakin yang selalu berpikiran 

gapapa gagal, kan gw udah ngasih yang terbaik

pola pemikiran ini yang salah. tetapi bukan berarti pantas disalahkan. kalo lo ikuti aturan, main fair ya itu bisa jadi kebanggaan tersendiri, bisa jadi cerita tersendiri buat anak dan keturunan elo kelak. dan buat apa lo ekspert di salah satu bidang tes dan lo yakin dengan hasil lo baik (yang kebetulan juga hasilnya baik) dan membuat lo berhak ngejudge orang lain bahwa orang lain di bawah kita? itu salah banget. mendingan orang lain itu nilainya pas-pasan tapi dia lolos kan? karena pada intinya yang penting kan lo masuk, dengan nilai sesekarat apapun? dan lo bisa bilang “ah gw rasa orang ini ga tembus” sedangkan lo sendiri ga tembus? makanya gw selalu inget kata babe gw.

ketika kamu menunjuk orang dengan tangan kananmu, coba lihat berapa jari yang mengarah ke dirimu sendiri? ada 4. that’s why, before you judge someone, you better look at yourself and judge yourself at the first place. are you GOOD ENOUGH to judge someone else?

mungkin sekian dulu unek-unek dari gw. semoga bisa dijadikan pembelajaran buat yang lain. dan ya, sebagai penutup, kata-kata ini manis sekali, coba lo baca dan lo hayati dengan seksama

Orang yang HEBAT tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan ketenangan. Mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata. Ketika mengalami saat yang berat dan merasa ditinggalkan, angkatlah kepalamu, tataplah masa depanmu dan ketahuilah tangan Tuhan sedang bekerja, mempersiapkanmu menjadi ORANG YANG LUAR BIASA